Ikan bony fishes

Class - Osteichthyes

    
Kelas Osteichthyes mencakup semua ikan bertulang . Seperti semua ikan , Osteichthyes adalah vertebrata berdarah dingin yang bernafas melalui insang dan penggunaan sirip untuk berenang . Ikan bertulang berbagi beberapa fitur yang membedakan : kerangka tulang , sisik , sirip berpasangan , sepasang bukaan insang , rahang , dan lubang hidung pasangan.
    
Osteichthyes mencakup jumlah terbesar spesies hidup dari semua kelas ilmiah vertebrata , lebih dari 28.000 spesies .


    
Osteichthyes mencapai sekitar 96 % dari semua spesies ikan . Ikan tidak termasuk dalam Osteichthyes adalah Chondrichthyes ( hiu dan kerabat mereka), Myxini ( hagfishes ) , dan Cephalaspidomorphi ( lamprey ) .subclass

    
Hidup Osteichthyes dibagi menjadi tiga subclass : Dipnoi , Crossopterygii , dan klasifikasi .
        
The subclass Dipnoi ( lungfishes ) ditandai dengan rahang atas menyatu dengan tempurung otak , gigi menyatu , dan adanya organ bernapas yang terbuka ke kerongkongan . Sirip ekor A lungfish adalah terus-menerus dengan dorsal dan sirip anal . Its sirip perut dan dada yang panjang dan tubular .
        
The subclass Crossopterygii ( coelacanth ) ditandai dengan jenis skala primitif yang disebut skala cosmoid , dua sirip punggung , dan sirip berdaging dipasangkan yang mengandung unsur tulang . Para ilmuwan terbiasa berpikir bahwa seluruh subclass ini ikan telah punah . Kemudian pada tahun 1938 , sebuah Coelacanth hidup ( Latimeria chalumnae ) yang ditemukan di lepas pantai Afrika Tenggara . Beberapa spesimen dikumpulkan telah sejak .
        
The subclass klasifikasi mencakup semua ikan bertulang hidup lainnya . Actinopterygians ditandai dengan sirip yang didukung oleh unsur-unsur tulang yang disebut sinar .Pesanan dan Keluarga

    
Semua pesanan dari ikan bertulang berakhir dengan akhiran " iformes " .
    
Meskipun ada perdebatan tentang bagaimana ikan tertentu harus diklasifikasikan , para ilmuwan mengakui lebih dari 500 keluarga ikan bertulang yang berbeda . Nama-nama keluarga ikan bertulang semua berakhir di akhiran " dae " .Genera dan Spesies

    
Lebih dari 28.000 spesies ikan bertulang telah didokumentasikan . Kemungkinan bahwa banyak lagi, termasuk beberapa spesies laut dalam , belum diidentifikasi.fosil

    
Ikan Primitif tanggal kembali ke periode Kambrium , sekitar 550 juta tahun yang lalu . Ini ikan tanpa rahang hidup relatif tidak berubah selama 100 juta tahun berikutnya .
    
The Devonian periode , sekitar 360-400000000 tahun yang lalu , dikenal sebagai "Age of Fishes " , karena kelimpahan dan keragaman ikan yang muncul selama periode ini .
        
Dalam Devonian , ikan mulai mengembangkan rahang dan sirip berpasangan . Keempat kelas hidup ikan dan tiga subclass dari Osteichthyes didirikan pada pertengahan Devonian .
        
Banyak spesies ikan yang hidup pada Devonian yang sekarang sudah punah .
    
Ikan bertulang terus berkembang setelah periode Devonian .
        
Kebanyakan pesanan modern ikan bertulang mungkin berevolusi selama periode Triassic , sekitar 200 juta tahun yang lalu .
        
Saat ini, Actinoptergians adalah vertebrata dominan di lautan dan dalam sistem air tawar .
        
Perintah yang terakhir berevolusi dari ikan bertulang termasuk Pleuronectiformes ( Flatfishes ) dan Tetraodontiformes ( triggerfishes , ikan buntal , dan mola ) .

Komentar